Tips untuk Meningkatkan Keamanan Digital Bisnis Anda
Bisnis

Tips untuk Meningkatkan Keamanan Digital Bisnis Anda

Dengan semakin banyaknya bisnis yang beralih ke digital, dan banyak lagi di cakrawala, permainan keamanan telah menjadi masalah utama yang menarik bagi semua pihak yang terlibat. Tidak lagi menjadi masalah jika Anda seorang wirausaha tunggal dengan kursus pengajaran online, atau perusahaan dengan ratusan klien, setiap bagian dari teka-teki digital dipengaruhi dan dibentuk oleh gagasan tentang keamanan yang ditingkatkan dan dijanjikan.

Lagi pula, mengapa ada orang yang memilih untuk tetap setia atau bahkan mencoba merek Anda jika ada orang lain di pasar (dan ada banyak pesaing di luar sana yang menawarkan layanan serupa, atau layanan yang sama) yang dapat menjamin keamanan melakukan pembelian di situs web mereka? Selain itu, gagasan keamanan tradisional dan kuno, dan Anda memiliki teka-teki tindakan, aturan, dan regulasi yang saling terkait yang perlu dikuasai setiap bisnis agar berhasil.

Ikuti aturan sederhana ini untuk memastikan keamanan digital yang lebih baik dari operasi bisnis Anda.

1. Jangan Lewatkan Pembaruan

Dengan begitu banyak hal yang terjadi di kantor, baik Anda sebagai manajer, atau beberapa karyawan Anda mungkin merasa terbebani dengan pekerjaan sehingga Anda dengan senang hati menunda pembaruan sistem itu tanpa batas. Apa pun yang Anda lakukan, tahan dorongan ini, karena keamanan perangkat individual Anda, serta seluruh jaringan teknologi yang terhubung, sangat bergantung pada menjaga sistem dan platform Anda dalam kondisi prima.

Sama seperti peretas yang datang dengan ancaman malware baru yang lebih cerdas, perusahaan yang Anda gunakan untuk perangkat lunak harus membuat langkah perlindungan yang sama kuatnya. Belum memperbarui perangkat lunak perlindungan virus Anda? Pastikan teknisi TI profesional menyapu komputer Anda dari ancaman dan mengoptimalkan sistem Anda setelah pembaruan.

2. Gunakan Cloud

Begitu banyak yang telah dikatakan tentang bagian teknologi yang luar biasa ini, sehingga rasanya mubazir untuk terus mengulangi mantra lama yang sama: selalu buat cadangan data terpenting Anda pada perangkat lunak berbasis cloud yang akan menjaga semua informasi dan korespondensi Anda tetap aman dan terlindungi seandainya dari kegagalan teknologi.

Tentu saja, menggunakan enkripsi dan akun yang dilindungi kata sandi yang dapat diakses oleh beberapa orang terpilih adalah kunci untuk memaksimalkan opsi penyimpanan cloud Anda. Bicaralah dengan tim IT Anda untuk mengetahui solusi terbaik untuk menjaga data paling sensitif Anda tetap terlindungi, dan buat cadangan rutin untuk meminimalkan risiko pelanggaran data.

3. Pastikan Transaksi yang Aman

Kebenaran dari pepatah lama bahwa uang membuat dunia berputar tidak dapat dilebih-lebihkan, karena kemampuan untuk melakukan pembayaran yang aman dan menjaga informasi paling sensitif klien Anda tetap aman dan terlindungi sangat penting di era modern. Itulah sebabnya begitu banyak perusahaan memilih pakar seperti IPSI untuk menangani sistem pembayaran dan kebutuhan kepatuhan PCI DSS mereka, yang semuanya berbeda untuk setiap industri.

Singkatan sebelumnya adalah singkatan dari Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran, dan standar ini dirancang untuk membuat metode yang aman untuk menangani data klien Anda yang paling sensitif, mencegah kerentanan keamanan, dan terus mencari cara untuk meningkatkan pendekatan Anda. Faktor ini sendiri dapat melindungi reputasi Anda dan mencegah banyak masalah pembayaran yang akan Anda tangani jika situs web Anda tidak sesuai dengan PCO DSS.

4. Pikirkan Berlapis-lapis

Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah mendengar cukup banyak desas-desus seputar pembuatan sistem perlindungan berlapis untuk perusahaan di seluruh dunia. Untuk membantu Anda memvisualisasikan, ini akan menjadi proses yang menggunakan beberapa entri berbeda untuk mengonfirmasi dan memastikan penggunaan data yang aman, atau akses ke sistem tertentu. Ini adalah sistem yang digunakan bank untuk melakukan transaksi online seaman mungkin: Anda tidak hanya menggunakan kode pin, tetapi Anda juga memerlukan kode satu kali beberapa digit yang dikirim melalui SMS ke ponsel Anda.

Ini dikenal sebagai proses autentikasi multi-faktor, dan membantu membatasi akses orang lain ke bagian informasi yang paling sensitif, serta rekening bank Anda. Dengan kemajuan teknologi yang muncul setiap hari, perusahaan akan dapat memperkenalkan opsi yang lebih serbaguna, seperti otentikasi biometrik, untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra.

5. Pertimbangkan Faktor Karyawan

Selain berinvestasi dalam solusi teknologi dan perangkat lunak yang tepat, cara Anda mendidik karyawan akan sangat memengaruhi keamanan perusahaan Anda. Itu termasuk kebijakan perilaku Anda, NDA, dan perjanjian kerahasiaan lainnya yang memberi perusahaan Anda dukungan hukum yang memadai untuk peningkatan keamanan. Setiap karyawan perlu memahami ekspektasi yang datang dengan posisi mereka, jadi Anda berkewajiban untuk terus memperbarui dan mendidik tim Anda tentang perubahan terbaru pada kebijakan keamanan Anda.

Hal yang sama berlaku untuk perilaku online mereka, terutama di sosial media. Banyak perusahaan baru sekarang mulai memahami seberapa besar perilaku online karyawan mereka dapat memengaruhi reputasi mereka. Karena itu, setiap merek harus memiliki kebijakan sosial media yang dibuat khusus yang menciptakan batasan yang jelas tentang perilaku yang diizinkan dan dilarang dan jenis informasi apa yang dapat mereka posting sebagai karyawan Anda.

Mengatakan bahwa keamanan tetap menjadi masalah nomor satu perusahaan di seluruh dunia akan meremehkan abad ini. Dengan pasar yang tumbuh cepat dan penuh dengan persaingan serta risiko yang menumpuk di dunia digital, setiap merek perlu fokus untuk memastikan sistem yang didasarkan pada keselamatan.