Tips Cerdas Membeli Polis Asuransi Kesehatan
Asuransi

Tips Cerdas Membeli Polis Asuransi Kesehatan

Memilih paket asuransi kesehatan yang tepat adalah keputusan yang serius karena kesehatan adalah yang terpenting. Kesehatan yang baik menjamin ketenangan pikiran dan rasa aman bagi individu dan keluarganya juga. Polis asuransi kesehatan yang baik memberikan perlindungan finansial terhadap penyakit.

Sudah cukup diketahui bahwa lebih dari 80% krisis keuangan berasal dari keadaan darurat medis dan hal yang sama dapat sangat merusak keuangan seseorang. Keadaan darurat kesehatan tidak hanya membutuhkan dana yang besar untuk pengobatan tetapi jika anggota keluarga yang berpenghasilan menjadi cacat karena sakit, hal itu berdampak ganda bagi keluarga. Jadi, asuransi kesehatan adalah suatu keharusan saat ini.

Dengan meningkatnya biaya pengobatan, alasan untuk mendapatkan perlindungan kesehatan sedini mungkin semakin penting karena begitu seseorang didiagnosis dengan kondisi medis seperti tekanan darah yang berfluktuasi atau diabetes, kemungkinan mendapatkan jaminan kesehatan menjadi rendah dan biayanya semakin tinggi. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada membayar dengan harga murah dan menenangkan pikiran.

Berikut adalah beberapa tips cerdas untuk dipertimbangkan saat membeli polis asuransi kesehatan yang bermanfaat.

  1. Perlindungan Dini: Beli asuransi kesehatan di usia muda karena kemungkinan ditolak lebih kecil. Ini juga memberikan manfaat seperti bonus tanpa klaim dan manfaat pajak selain untuk meningkatkan perencanaan keuangan seseorang.
  2. Proses Klaim & Masa Tunggu: Proses klaim yang sederhana dan penyelesaian yang lebih cepat selalu lebih baik bagi tertanggung asuransi. Kebijakan asuransi kesehatan di India sering kali datang dengan masa tunggu di mana tertanggung tidak memiliki akses ke klaim bahkan jika ada keadaan darurat. Perusahaan asuransi tidak bertanggung jawab atas perawatan apa pun yang dimulai selama masa tunggu, kecuali jika terjadi kecelakaan. Membeli polis asuransi kesehatan pada usia dini memungkinkan pemegang asuransi melewati masa tunggu. Selain itu, selalu baik untuk memilih perusahaan yang memiliki masa tunggu minimum.
  3. Pembaruan Seumur Hidup: Ada kemungkinan lebih tinggi untuk menderita penyakit dan penyakit ketika seseorang sudah tua dibandingkan dengan ketika seseorang telah membeli polis. Oleh karena itu, sangat penting untuk membeli polis yang menawarkan pembaruan seumur hidup.
  4. Periksa Uang Pertanggungan dan Jangka Waktu Polis: Jumlah uang pertanggungan harus dipilih dengan bijak karena ini mencakup semua biaya pengobatan. Terus tingkatkan perlindungan kesehatan dari waktu ke waktu. Pastikan untuk memilih uang pertanggungan yang tidak akan kekurangan dalam keadaan darurat dan yang memiliki premi rendah.
  5. Tunjangan Kehamilan: Bagi perempuan, perlu membeli polis yang disertai dengan tunjangan kehamilan. Pastikan bahwa polis juga harus menanggung biaya rawat jalan. Selanjutnya, periksa pengecualian yang terkait dengan kebijakan tersebut.
  6. Rawat Inap & Perawatan Rawat Inap: Sebelum membeli polis, disarankan untuk melihat berbagai biaya yang ditanggung dalam rawat inap, perawatan rawat inap, dan perawatan lain yang dapat diklaim oleh tertanggung. Itu selalu baik untuk memilih kebijakan yang juga mencakup aspek pra dan pasca rawat inap, OPD dan pasca pensiun.
  7. Penyakit Kritis & Kanker Meliputi: Kebijakan kesehatan terbaik adalah yang mencakup penyakit kritis, kanker, biaya donor selama operasi transplantasi organ, kecelakaan pribadi dan pemacu kesehatan.
  8. Rumah Sakit Jaringan: Periksa rumah sakit jaringan tanpa uang tunai yang terkait dengan perusahaan asuransi karena mereka membantu selama keadaan darurat medis. Mendapatkan perawatan di rumah sakit jaringan mudah dengan menunjukkan kartu sehat dan memanfaatkan rawat inap tanpa uang tunai karena rumah sakit bekerja sama dengan perusahaan asuransi.
  9. Asuransi Keluarga: Pilihlah polis asuransi individu bersama dengan asuransi majikan karena mencakup anggota keluarga Anda, tidak seperti asuransi majikan. Selain itu, polis asuransi individu membantu melindungi anggota keluarga yang berusia di atas 50 tahun.
  10. Program Pemeriksaan Kesehatan & Kesehatan Gratis: Pilihlah polis yang menjamin orang tersebut untuk pemeriksaan kesehatan gratis, penilaian laporan medis, pelatihan kesehatan, dan hadiah uang.

Pada akhirnya, adalah bijaksana untuk mengatakan bahwa poin-poin yang disebutkan di atas adalah hal terpenting untuk dipertimbangkan jika seseorang ingin membangun masa depan yang aman bagi keluarganya.