Panduan Bisnis untuk Wirausahawan yang Kekurangan Uang
Bisnis

Panduan Bisnis untuk Wirausahawan yang Kekurangan Uang

Apakah Anda sedang berjuang untuk mengetahui bagaimana Anda akan menghasilkan uang dari ide bisnis Anda? Apakah Anda bertanya-tanya model bisnis mana yang terbaik terutama ketika Anda kekurangan uang?

Ingatlah saat memilih model untuk ide bisnis Anda, ada tujuh faktor yang perlu dipertimbangkan:

1. Siapa target audiens Anda?

Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang kepada siapa Anda menjual. Anda perlu mengetahui psikografik dan demografi mereka agar Anda dapat menciptakan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan mereka.

2. Apa proses bisnis Anda?

Saat memikirkan pertanyaan ini, Anda perlu mempertimbangkan aspek inti dari penawaran Anda. Jika Anda membuat produk, di mana Anda akan mendapatkan bahan mentah untuk produk tersebut, dan langkah apa yang perlu Anda ambil untuk mengubah bahan mentah menjadi produk akhir? Jika Anda menjual produk, dari mana Anda akan mendapatkan produk tersebut dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk tersebut ke pelanggan Anda?

3. Sumber daya bisnis apa yang Anda butuhkan?

Anda perlu memikirkan apa yang bisnis Anda perlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, menemukan pelanggan, dan mencapai tujuannya. Beberapa contoh sumber daya bisnis adalah situs web, daftar pelanggan, gudang, modal, komputer, dan kekayaan intelektual.

4. Apa proposisi nilai Anda?

Anda harus memiliki proposisi nilai yang kuat untuk berhasil dalam lingkungan kompetitif bisnis Anda. Bagaimana persembahan Anda akan menonjol dari yang lain?

5. Siapa yang akan menjadi mitra bisnis strategis Anda?

Bisnis Anda akan bergantung pada beberapa mitra untuk sukses. Siapa yang akan menjadi pemasok Anda? Siapa yang akan membantu pemasaran Anda? Siapa yang akan mengirimkan produk Anda ke pelanggan Anda? Mitra ini harus dapat diandalkan dan dapat dipercaya agar bisnis Anda berkembang.

6. Bagaimana Anda akan menciptakan permintaan atas penawaran Anda?

Anda perlu membuat strategi generasi permintaan. Bagaimana Anda akan membuat seseorang tertarik dengan penawaran Anda dan kemudian mengubahnya menjadi prospek dan akhirnya menutup kesepakatan?

7. Bagaimana Anda akan berinovasi?

Saat membahas pertanyaan di atas, Anda akan membuat beberapa asumsi. Hanya ketika Anda memiliki pelanggan yang membayar datang melalui pintu Anda, Anda akan tahu apakah model Anda efektif dan apa yang mungkin perlu Anda ubah. Perlu Anda ingat bahwa model bisnis Anda bukanlah objek statis tetapi rencana yang berubah-ubah.

Berikut adalah tiga model bisnis yang perlu dipertimbangkan bagi wirausahawan yang kekurangan uang.

1. Model langganan

Dalam model ini, pelanggan Anda akan menandatangani kontrak dengan Anda untuk memasok produk atau layanan kepada mereka secara teratur. Ini bisa bulanan, mingguan atau harian. Manfaat model ini adalah Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang berapa banyak uang yang akan Anda hasilkan karena Anda akan tahu siapa yang berlangganan layanan Anda. Kekurangannya adalah membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk memasarkan penawaran Anda kepada prospek Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki produk yang diinginkan dan dibutuhkan orang. Beberapa contoh model langganan adalah Beanbox Club dan The Daily Dish.

2. Model pasar

Apakah Anda seorang penggiat jejaring? Apakah Anda suka menyatukan orang? Maka ini adalah model untuk Anda. Dalam model pasar, Anda adalah perantara antara pelanggan dan penjual. Anda perlu membuat platform tempat orang dapat mengiklankan barang-barang ini dan membelinya. Kekuatan model ini terletak pada kemampuan pemasaran Anda. Anda harus berhasil menyatukan penjual dan pelanggan. Beberapa contoh model pasar adalah HelloPretty, IndoTogel HK atau Loot.

3. Model afiliasi

Dalam model ini, Anda meninjau produk yang berbeda dan kemudian membuat tautan afiliasi pada posting Anda yang diklik orang untuk membeli produk dan Anda mendapat bagian dari penjualan. Model ini bergantung pada blog atau situs web Anda yang populer dan orang-orang menilai opini Anda tentang produk.